Cangkrukan


Penulis
Suharmanto

Sinopsis
Aktivitas cangkrukan merupakan aktivitas berkumpul pada waktu luang yang biasanya dilakukan di warung kopi tradisional, kafe, kedai kopi modern, restoran cepat saji, ruang terbuka hijau (taman) serta tempat tertentu yang nyaman untuk berkumpul bagi masyarakat Kota Surabaya. Fokus buku ini adalah mengkaji anak muda yang melakukan aktivitas cangkrukan yang menghasilkan teks-teks budaya. Teks yang dihasilkan dikaitkan dengan konteks sosial budaya yang akan mengungkap health risk behavior dan health beneficial behavior dalam aktivitas cangkrukan yang dilakukan oleh anak muda dalam mengisi waktu luangnya. Buku ini memaparkan lebih mendalam mengenai aktivitas cangkrukan yang juga merupakan aktivitas sosial budaya menggunakan pendekatan analisis wacana Norman Fairclough. Analisis wacana ini membongkar praktik sosial budaya dalam cangkrukan yang dapat mendorong pada health risk behavior dan health beneficial behavior pada anak muda.
Temuan yang penting yang disajikan dalam buku ini adalah bahwa anak muda yang melakukan aktivitas cangkrukan di warung kopi tradisional didorong oleh adanya ideologi kelompok dan subkultur anak muda. Health risk behavior yang muncul pada tempat cangkrukan di warung kopi tradisional seperti merokok, minum minuman keras berupa oplosan dan penyalahgunaan narkoba. Mereka melakukan aktivitas tersebut dikarenakan adanya nilai dan norma dalam kelompok yang menganggap bahwa aktivitas seperti merokok, minum oplosan dan penyalahgunaan narkoba adalah sebagai bentuk solidaritas kelompok dan anggota yang ingin tetap diakui oleh anggota yang lain dalam kelompoknya.
Anak muda yang melakukan aktivitas cangkrukan di kafe, kedai kopi modern dan restoran cepat saji didorong oleh adanya ideologi kapitalis yang menawarkan komodifikasi produk kapitalis (comodification of capitalist products) berupa paket makanan dan minuman, tempat yang nyaman dan ber-AC serta tersedianya fasilitas free wi-fi. Health risk behavior yang muncul di kafe, kedai kopi modern dan restoran cepat saji seperti merokok dan konsumsi fastfood. Mereka melakukan aktivitas seperti merokok dan konsumsi fastfood tersebut dikarenakan adanya nilai dan norma dalam kelompok yang menganggap bahwa aktivitas tersebut adalah sebagai bentuk gaya hidup anak muda yang merupakan representasi kelas sosial.

CV. Antero Literasi Indonesia
Penerbit Anlitera
www.ANLITERA.id | www.ANLITERA.co.id
+6282-3388-5-2322 (whatsapp)

-------
Penghargaan Penerbit Terbaik 2018
oleh PNRI Regional Jawa Timur
No. 041/847/119.2/2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@anliteraid

Kunjungi Instagram Kami