30 Karya Terbaik Cerita Anak TBM Surabaya


Penulis
Dr. Kartika Nuswantara, M.Pd
(Ketua Kampung Literasi ITS)

Sinopsis
Alhamdulillah, dengan menyebut nama Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Kami panjatkan rasa syukur kehadirat-Nya, hanya dengan kemurahan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kami dapat menghimpun berbagai karya tulis dan menerbitkannya dalam sebuah buku kumpulan cerita dengan judul 30 Karya Terbaik Cerita Anak Hasil Seleksi Antar Taman Baca Masyarakat Surabaya.
Buku ini hasil karya tulis terbaik dari anak-anak yang masih duduk di bangku kelas 4 sampai dengan kelas 6 Sekolah Dasar. Mereka adalah peserta pelatihan di 5 Taman Baca Masyarakat (TBM) yaitu TBM Kelurahan Kejawan Putih Tambak, TBM RW 3 Keputih, TBM RW 1 Gebang Putih, TBM RW 4 Kejawan Putih Tambak, dan TBM Rusun Keputih. Mereka berlatih membaca nyaring, membuat MADING (kreasi tata letak dan isi), dan berlatih menulis cerita dengan pendampingan dari tim pengabdi ITS. Tim melibatkan diri dengan mengajak masyarakat melalui pemberdayaan TBM sebagai pusat belajar sepanjang hayat. Kegiatan ini menunjukkan kepada masyarakat bagaimana keterlibatan orang tua terhadap aktifitas belajar anak menjadi upaya terbesar yang dibutuhkan oleh anak-anak untuk menyadari bahwa mereka mencintai belajar. Kegiatan yang dikemas melalui aktifitas membaca untuk meghasilkan karya diharapkan mampu membangkitkan kesadaran bahwa membaca adalah pintu utama terbukanya kemampuan akademis di berbagai bidang. Hal ini merupakan salah satu jawaban kebutuhan masyarakat sekitar kampus untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak usia sekolah dalam belajarnya.
Sejalan dengan Pemerintah Kota Surabaya yang telah mendeklarasikan kota Surabaya sebagai Kota Literasi yang dideklarasikan oleh Wali Kota Surabaya, Dr.(HC). Ir. Tri Rismaharini, MT. pada tahun 2014. Pemerintah Kota Surabaya telah berhasil membangun TBM di hampir 1000 titik di seluruh wilayah kota Surabaya. Ibu Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya, mendorong warga kota untuk bisa dan terbiasa membaca, juga menyukai dunia menulis pada saat yang bersamaan. Keberhasilan kota Surabaya untuk membangun kekuatan potensi literasi masyarakat diharapkan dapat mendorong tingkat literasi bangsa Indonesia di tingkat dunia.
Dalam mendukung Gerakan Literasi itu, ITS sebagai sebuah lembaga pendidikan perguruan tinggi yang sangat peduli dunia literasi melalui Tim Pengabdi 2018 yang didukung penuh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) bersama Pusat Studi Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) menunjukkan keseriusannya untuk mengambil peran dalam menyukseskan gerakan literasi di kota Surabaya. Sebagai langkah nyata, Tim Pengabdi telah berhasil mendirikan KAMPUNG LITERASI ITS sebagai laboratorium pembelajaran sepanjang hayat, yang sejak tahun 2017 telah membudayakan literasi di beberapa wilayah di Surabaya diantaranya di kawasan eks lokalisasi Dolly, sekolah-sekolah di kawasan Banyu Urip, Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Kelurahan Keputih, Kelurahan Gebang, dan Rusun Keputih.
Saya mengapresiasi dan bangga pada anak-anak yang masih belia namun telah melampaui batas keinginannya yaitu mereka dapat membuat cerita tentang dunianya lalu dapat diterbitkan dalam sebuah buku. Benar-benar generasi luar biasa yang mempunyai potensi untuk terus berkembang dan mendunia.  Karya ini menjadi bukti adanya potensi besar yang dilahirkan oleh Taman Baca Masyarakat (TBM). TBM di wilayah Kelurahan-Kelurahan telah menjadi sentra literasi dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Selanjutnya diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan yang dimiliki, sehingga masyarakat akan memiliki potensi yang mendukung kemandiriannya dan dapat menciptakan generasi yang beradab serta bermartabat.  Buku ini telah disusun dengan maksimal dalam proses yang sangat panjang, berkat bantuan dari berbagai pihak terutama kerja keras para dosen, pustakawan, dan mahasiswa pembimbing dari ITS, juga kakak pendamping dari 5 TBM sehingga dapat berlangsung dengan lancar. Untuk itu saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga terbitnya buku ini.
Pada penghujung tulisan ini saya berharap, semoga pada gilirannya nanti buku ini dapat memberikan manfaat maupun dapat sebagai inspirasi pembacanya, terutama dalam menumbuhkan semangat membaca dan menulis bagi anak-anak bangsa. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

CV. Antero Literasi Indonesia
Penerbit Anlitera
www.ANLITERA.id | www.ANLITERA.co.id
+6282-3388-5-2322 (whatsapp)

-------
Penghargaan Penerbit Terbaik 2018
oleh PNRI Regional Jawa Timur
No. 041/847/119.2/2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@anliteraid

Kunjungi Instagram Kami